Translate

Wednesday 26 March 2014

Negara Termiskin Di Dunia

Hasil penelitian menyebutkan bahwa beberapa negara berikut ini masuk dalam daftar negara-negara termiskin di dunia. Karena berbagai faktor seperti konflik berkepanjangan dan iklim yang begitu ekstrim, penduduk negara-negara berikut harus rela berjuang untuk bertahan hidup. Negara-negara mana saja yang masuk dalam daftar negara termiskin di dunia? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Eritrea

 Foto Eritrea Oleh Unik SegiEmpat
Salah satu negara paling miskin di dunia saat ini adalah Eritrea. Eritrea merupakan sebuah negara yang berada diantara perbatasan negara Sudan dan Ethiopia yang berada di benua Afrika. sekitar 80 persen dari penduduk Eritrea bekerja sebagai petani. Mereka harus bertahan hidup untuk memerangi kekeringan berkepanjangan yang tak henti-hentinya menerpa negara ini. Karena terlalu sibuk dengan bekerja, maka mind sheet mereka pun hanya terpaku pada “bagaimana cara untuk dapat terus bekerja, menghasilkan uang dan bertahan hidup”. Oleh sebab itu, banyak penduduk Eritrea yang tak dapat membaca maupun menulis. Selain kekeringan, penduduk Eritrea juga diterpa dengan jurang kemiskinan. Kemiskinan tersebut terjadi lantaran adanya rancangan militer yang begitu ketat yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat. Tahukah Anda? Gaji pemerintah negara ini hanya 9 juta rupiah saja.

2. Burundi

 Foto Burundi Oleh Unik SgiEmpat
Sebagian besar penduduk Burundi menggantungkan hidupnya dari mata pencaharian mereka sebagai seorang petani. Namun sayangnya, hal tersebut tak memperngaruhi kecukupan ekonomi mereka. Sebab harga komoditas seperti kopi dan teh dipatok begitu rendah sehingga hal tersebut tak dapat mengubah ekonomi kehidupan penduduk Burundi. Jika ditotal, pendapatan bruto dari Burundi hanya mencapai 7 juta rupiah per kapita saja. Kondisi kehidupan di Burundi semakin diperparah dengan rendahnya pasokan listrik untuk kebutuhan kehidupan masyarakat sipil.

3. Zimbabwe

 Foto Zimbabwe Oleh Unik SegiEmpat
Zimbabwe merupakan salah satu negara yang terletak di benua Afrika yang memiliki pendapatan per kapita hanya sebesar 6 juta rupiah saja, lebih kecil 1 juta rupiah daripada Burundi. Penduduk Zimbabwe lebih memilih untuk mencari penghasilan dengan bekerja sebagai petani gandum dan tembakau yang hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari. Padahal, negara mereka memiliki berbagai macam kekayaan alam seperti batubara, tembaga, emas, hingga berlian. Selain dilanda kemiskinan, penderitaan rakyat Zimbabwe juga semakin diperparah dengan adanya kebijakan-kebijakan ekonomi yang tidak efektif serta terjadinya peperangan yang tiada henti.

4. Kongo

 Foto Kongo Oleh Unik SegiEmpat
Inilah negara yang ditetapkan sebagai negara paling miskin di dunia. Walaupun memiliki berbagai sumber daya alam seperti emas dan coltan, namun Kongo tak pernah bisa lepas dari jeratan korupsi yang semakin membabi buta dan justru menjadi bumerang untuk negaranya sendiri. Korupsi tersebut justru membuat pembeli asing enggan membeli hasil alam yang telah mereka kelola secara besar-besaran. Oleh sebab itu, industri yang ada di Kongo tak dapat berkembang dengan baik.

Sumber: http://segiempat.com/aneh-unik/serial/negara-negara-termiskin-di-dunia/

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More